Anak Usia Dini Perlu Pengenalan Literasi Keuangan dan Sosial

Bogor- Pengenalan litersi keuangan dan sosial perlu dilakukan sejak usia dini. Hal ini disampaikan oleh pakar pendidikan anak usia dini, Ella Yualelawati, M.A.,Ph.D, saat menjadi narasumber pada kegiatan Finalisasi NSPK Mengenai Adaptasi Program Literasi Sosial dan Finansial Terintegrasi Kurikulum PAUD, yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Hotel Anaya Bogor (13/5).

“Hal-hal yang bisa dilakukan untuk pengenalan litersi keuangan diantaranya yaitu: belajar melalui uang saku, metode uang saku: hadiah, penghargaan, dan penghasilan ,berpikir tentang anggaran, membantu memahami konsekuensi utang – piutang, serta berbicara tentang investasi”, ujar Ella.

Selain itu beliau menyampaikan dalam manfaat penerapan literasi keuangan lintas kurikulum yaitu:

Menyediakan kesempatan belajar yang menantang, menyenangkan, dan terlibat dalam kegiatan di dalam dan di luar satuan pendidikan
Memecahkan masalah dalam konteks nyata
Mendorong anak mengaitkan pembelajaran di PAUD dengan situasi nyata
Mendorong kecakapan literasi dan numerasi dan alih keterampilan calistung
Direktorat Pembinaan PAUD sendiri telah memiliki berbagai produk untuk mengenalkan lietarsi keuangan sejak dini seperti komik dan lagu dengan judul hemat, ayo menabung, asiknya berbagi, dan juga cengcelengan.

Sumber: http://anggunpaud.kemdikbud.go.id