Bersahabat dengan Bencana Alam

1. Mengenal Bencana Alam
Tahukah kamu yang dimaksud bencana alam? Bencana merupakan sesuatu yang menyebabkan kerusakan, kerugian, dan penderitan. Bencana alam adalah bencana yang disebabkan oleh peristiwa alam, contohnya hujan, angin, gerakan tanah, gelombang laut, dan gempa bumi.
Peristiwa alam terjadi karena keteraturan alam. Peristiwa alam tidak dapat direncanakan, dicegah, atau direkayasa oleh manusia. Hanya Tuhanlah yang dapat mengaturnya.
Indonesia termasuk negara yang sering mengalami bencana alam. Hal ini sangat berkaitan dengan letak wilayah Indonesia yang memungkinkan sering terjadinya bencana alam.

Bencana alam memang sering menyebabkan kerugian, baik harta benda maupun korban jiwa. Namun, karena bencana alam sudah akrab dengan masyarakat Indonesia, sebaiknya kita tak perlu memusuhi dan membencinya. Mari kita mulai bersahabat dengan bencana alam. Caranya adalah dengan mengenalnya, mempersiapkan diri menghadapinya, dan merencanakan penanggulangannya.

2. Banjir
Setiap musim hujan, banjir selalu terjadi di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Apakah daerahmu pernah mengalami banjir? Apakah yang dimaksud dengan banjir?
Ketika hujan, air hujan yang turun seharusnya dapat diserap oleh tanah. Selebihnya air hujan akan mengalir melalui saluran-saluran air, seperti selokan, kanal, dan sungai. Air hujan akan mengalir menuju ke tempat penampungan atau ke laut.
Pada saat-saat tertentu hujan dapat turun dengan sangat deras. Jumlah air hujan menjadi sangat banyak. Akibatnya, saluran-saluran air tidak dapat menampung air yang berlebih dan air meluap menggenangi daratan. Peristiwa meluap, menggenang, dan mengalirnya air ke daratan inilah yang disebut dengan banjir atau air bah.
A. Penyebab Banjir
Banjir dapat disebabkan oleh berbagai hal. Banjir dapat terjadi karena sebab alamiah dan ulah manusia. Penyebab alamiah merupakan penyebab alam yang sudah semestinya terjadi. Peristiwa alam tidak dapat dihindari.
Penyebab banjir oleh ulah manusia merupakan penyebab yang dipicu oleh perbuatan manusia. Ulah manusia penyebab banjir mencerminkan sikap tidak bertanggung jawab dan tidak mencintai alam.
1. Sebab Alamiah
Terjadinya banjir karena peristiwa alam, antara lain karena curah hujan yang tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan meningkatnya jumlah air. Air yang berlebih akan meluap atau menggenang sehingga menyebabkan banjir.
Erosi atau rusaknya tanah di daerah gunung juga semakin memudahkan terjadinya banjir. Erosi di lereng gunung dapat mengakibatkan menurunnya daya serap tanah. Air hujan dalam jumlah banyak akan langsung mengalir ke daerah yang lebih rendah secara cepat sehingga menyebabkan banjir bandang.
Wilayah yang rendah selalu menjadi tujuan datangnya air. Hal ini terjadi karena air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Jadi, salah satu penyebab banjir adalah posisi wilayah yang satu lebih rendah dari wilayah lainnya.
Banjir juga dapat disebabkan oleh naiknya air laut ke daratan. Naiknya air laut ini dipengaruhi oleh gravitasi bulan atau matahari. Gravitasi bulan atau matahari menyebabkan permukaan air laut tertarik naik dan melembung. Peristiwa ini disebut pasang. Di daerah pesisir pantai yang rendah peristiwa pasang menyebabkan meluapnya air laut ke daratan. Peristiwa ini sering disebut banjir rob.

Selengkapnya: Bersahabat dengan Bencana Alam