Bimo Profesor Honai

Hari yang Paling Ditunggu

Hari ini adalah hari yang paling ditunggu oleh anak-anak kelas 4A, SD Nusantara. Sebuah SD dengan murid yang sangat beragam. Ada anak yang berkulit putih, hitam, kuning, dan sawo matang. Rambutnya pun beragam, dari keriting sampai lurus. Ada anak yang tinggi ada pula yang pendek. Ada anak yang pandai atau kurang pandai. SD Nusantara sangat lengkap. Kamu pun akan memperoleh banyak teman yang beragam di sini.

SD Nusantara berada di sebuah tempat yang asri. Ada sawah di dekatnya. Pepohonan di dalam sekolah besar dan rindang. Anak-anak tak perlu berpanas-panas saat upacara bendera. Burung pipit dan aneka ragam burung liar lainnya, bebas bernyanyi tanpa khawatir diganggu
oleh anak-anak.
Ah, mengapa pula hari ini sedemikian ditunggu oleh anak-anak kelas 4A? Ternyata hari ini, Pak Soni, wali kelas mereka, berjanji untuk menceritakan keunikan Pulau Papua.
Minggu sebelumnya, Pak Soni sudah lengkap bercerita tentang pulau-pulau besar lainnya di Indonesia. Nah, di minggu ini, tinggal Papua saja yang belum dijelaskan. Karena cara mengajar Pak Soni yang penuh kejutan, penjelasan tentang Papua sangat ditunggu.
Saat penjelasan Pulau Jawa, Pak Soni membawa aneka ragam batik, kemudian menjelaskan jenis-jenisnya. Anak-anak tidak tahu dari mana Pak Soni mendapatkan sekian banyak batik. Anak-anak tidak bisa melepaskan pandangan dari aneka ragam motif batik.
Saat menjelaskan Kalimantan, tiba-tiba anak-anak diberikan tugas untuk mencari keunikan burung enggang. Tak perlu jadi pekerjaan rumah alias PR, cukup pergi ke perpustakaan sekolah. Bahkan, kemudian kelas dipindahkan ke perpustakaan.

Selengkapnya: Bimo Profesor Honai