Kisah Petualangan Harimau dan Hewan Lainnya

Kucing Hitam
Kisah dari Sumatera Utara (Asahan, Karo dan Toba)

Kucing hitam mempunyai anak berwarna kuning, tetapi anaknya kesal karena mempunyai induk yang jelek dan hitam. Ia pun berfikir untuk mengganti ibunya dan mencari yang lebih hebat.
Keluarlah ia dari kandangnya, ia melihat matahari yang cantik bersinar. Ia berpikir bahwa matahari cocok untuk menjadi ibunya, ia bertanya kepada matahari, “Wahai Matahari maukah kau menjadi ibuku?”
Lalu Matahari berkata, “Jangan. Kalau datang awan, nanti ditutupnya aku, maka akan hilang cahayaku.” Lalu Kucing kuning bertanya kepada awan, “Wahai Awan maukah kau menjadi ibuku?”

Lalu Awan berkata, “Jangan. Nanti datang angin itu, diembuskannya aku, maka aku akan terbang ke mana-mana sampai tidak keliatan.” Lalu ia bertanya pada Angin, “Angin maukah kau menjadi ibuku?” Angin berkata, “Jangan, kami tidak akan bisa lewat kalau ada gunung itu.” Lalu Gunung berkata, “Jangan, nanti datang tikus itu dilubanginya aku, maka aku akan hancur.” Lalu ia bertanya pada Tikus, “Tikus maukah kau menjadi ibuku?” Lalu tikus berkata, “Jangan, nanti datang Kucing Hitam itu, dimakannya aku dan anakanakku.” Kemudian Kucing kuning pun berpikir
dan merasa bahwa ibunya lebih hebat dari yang lain dan tidak ada yang bisa menggantikan ibunya.