Konsep Pembelajaran Coding (Modul 1)

Apakah coding itu? Secara harfiah, istilah coding berkaitan dengan instruksi-instruksi yang dipahami dan dijalankan oleh komputer. Pengertian coding secara sederhana adalah cara manusia berkomunikasi dengan komputer dengan cara menciptakan perangkat lunak atau aplikasi yang berguna dalam penyelesaian masalah.
Pada modul ini, dalam kerangka penguatan literasi dasar di PAUD, istilah coding dimaknai secara luas. Pembelajaran coding berarti kegiatan yang dapat memberikan stimulasi sejak usia dini terhadap cara anak berpikir, anak berpikir kreatif, sikap bekerja sma dan berkomuniksi anak. Kegiatannya tidak hanya dimaknai sebagai penggunaan atau penerapan komputer atau perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dikenal dengan istilah plugged coding, tetapi juga meliputi keseluruhan kegiatan pembelajaran coding tanpa menggunakan perangkat komputer yang dikenal dengan istilah uplugged coding.

Lebih jauh lagi, kegiatan pembelajaran coding dapat diterapkan secara kombinasi dan/atau silih berganti antara pendekatan plugged coding dan unplugged coding. Akan tetapi, keputusan integrasinya, baik konteks maupun muatannya, diserahkan kepada satuan/lembaga PAUD masing-masing.

Karena potensi penerapannya terbuka dan luwes, pembelajaran coding akan memberikan dampak yang utuh terhadap berbagai dimensi perkembangan anak usia dini jika dikelola dengan optimal.

Selengkapnya: Konsep Pembelajaran Coding (Modul 1)