Mendikbud Ngobrol Bareng Pegiat Literasi di Banten

SERANG – Mendikbud Muhadjir Effendi menyambangi pusat kegiatan literasi Rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, Banten, Kamis (5/10/2017). Kehadiran Mendikbud ini untuk berbincang dengan sejumlah pegiat literasi dari sejumlah wilayah di Banten. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten Muhammad Lutfie Baihaqie.

Pada kesempatan ini Mendikbud juga berkesempatan mendengarkan curhatan dan aspirasi para pegiat literasi. Beberapa pegiat literasi mendorong pemerintah untuk menyediakan buku bagi taman bacaan.

“Kami sudah punya gedung taman bacaan. Sekarang tinggal diisi,” ujar Rosiati, pengelola TBM asal Kota Serang.

Mendikbud mengaku senang bisa silaturahmi dengan pegiat literasi di Rumah Dunia. “Sangat inspiratif tempat ini. Ada semacam gairah yang tumbuh dari bawah, kesadaran untuk berbagi. Ini adalah kekuatan. Kalau andalkan negara untuk gerakan literasi maka sangat berat,” ujarnya.

Mendikbud mengaku sudah meminta Badan Pengembangan Bahasa untuk membantu gerakan literasi nasional dan sekolah. “Kita sudah mencetak buku 167 judul untuk SD, SMP, dan SMA. Ini sudah kita sebarkan ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Mendikbud berpesan agar Pegiat literasi harus mendampingi anak membaca. “Setelah anak membaca, biasakan ditanya. Biasakan anak memahami bahan bacaan. Anak-anak diajari untuk meresensi walaupun satu dua paragraf,” ungkapnya. (ink/red)

Sumber:https://www.bantennews.co.id/mendikbud-ngobrol-bareng-pegiat-literasi-di-banten/