Mengenal Lebih Dekat Tana Toraja

ASAL-USUL TANA TORAJA

Adik- Adik, kalian tahu, ‘kan, bahwa budaya atau kebudayaan tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Mereka yang tumbuh dan besar di suatu daerah tertentu pada umumnya masih kental akan budaya atau adat istiadat mereka. Namun, pada era modern seperti sekarang ini, banyak di antara generasi muda yang mulai melupakan budaya bahkan sudah tidak mau mengenal budayanya sendiri.

Budaya merupakan identitas dan komunitas suatu daerah yang dibangun dari kesepakatan-kesepakatan sosial dalam kelompok masyarakat tertentu. Budaya dapat menggambarkan kepribadian suatu bangsa sehingga budaya dapat menjadikan ukuran bagi majunya suatu peradaban manusia. Nah, salah satu budaya yang patut untuk dilirik di Indonesia adalah kebudayaan yang dimiliki oleh Tana Toraja. Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai asal-usul Tana Toraja.

Pada dasarnya terdapat beberapa pendapat tentang asal kata Toraja, di antaranya istilah orang Bugis yang menyebut to riaja, yang berarti ‘orang yang berdiam di negeri atas’. Namun, orang Luwu menyebutnya to riajang yang artinya adalah ‘orang yang berdiam di sebelah barat’. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa kata toraya berasal dari dua kata, yakni to yang berarti tau ‘orang’, dan raya yang berasal dari kata maraya yang berarti ‘besar’ atau ‘bangsawan’.

Wilayah permukiman mayoritas suku Toraja dikenal dengan sebutan Tana Toraja. Tana Toraja merupakan salah satu di antara 24 daerah tingkat ll atau kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selengkapnya: 47. Isi dan Sampul Mengenal Lebih Dekat Tana Toraja