Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar dalam pelaksanaan pembelajaran coding di Satuan PAUD(Modul 3)

Bapak/Ibu, prosedur pembelajaran coding tidak berbeda dengan pembelajaran lainnya, yaitu:
1) Tahap Persiapan
1. Merumuskan tujuan yang hendak dicapai
2. Menentukan jenis metode/kegiatan bermain
3. Menentukan ruang dan tempat bermain
4. Mempersiapkan bahan dan alat bermain dan atau mengembangkan media/kegiatan bermain yang digunakan
5. Menyusun dokumen RPPH dan instrumen evaluasi

2) Tahap pelaksanaan
Dalam tahap ini ada 3 (tiga) langkah yang harus dilakukan, yaitu:
1. Pijakan Awal
a. Anak duduk dalam bentuk lingkaran atau duduk merapat, tetapi dalam suasana tidak berdesakan. Posisi guru di depan menghadap ke anak, menyapa anak untuk memulai kegiatan.
b. Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan.
c. Guru bertanya kepada anak tentang hal-hal yang dilakukan hari kemarin.
d. Guru menanyakan perasaan anak hari ini untuk mengenali perasaan anak.
e. Guru memberi tahu apabila ada sesuatu yang tidak biasa terjadi hari ini. Misalnya, ada tamu atau ada guru yang tidak masuk sehingga digantikan oleh guru lainnya.
f. Guru mengenalkan tema dan konsep coding hari ini dan mempersilakan anak mengamati dan bertanya tentang tema yang dikenalkan.
g. Guru membacakan buku sesuai dengan tema dan konsep coding yang akan dikenalkan. Guru direkomendasikan untuk menggunakan buku cerita.
h. Guru mendiskusikan dengan anak tentang konsep coding yang akan dikenalkan.
i. Guru mendemontrasikan cara menggunakan media/kegiatan baru yang belum dimengerti anak.
j. Guru membangun aturan main bersama anak.
k. Anak memilih permainan sesuai dengan minatnya (apabila tersedia media coding lebih dari satu jenis).
l. Guru mempersilakan anak untuk mulai bermain.

Selengkapnya: Modul 3 Coding