Penerapan Penilaian Pembelajaran dalam Pembelajaran Coding di Satuan PAUD (Modul 4)

1. Pengertian Penilaian Pembelajaran Coding di Satuan/Lembaga PAUD
Apakah penilaian pembelajaran coding di satuan/lembaga PAUD itu? Penilaian merupakan proses pengukuran terhadap tahapan hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu. Jadi, penilaian pembelajaran coding adalah proses pengukuran terhadap tahapan hasil dari kegiatan pembelajaran coding.

2. Tujuan penilaian pembelajaran coding di satuan/lembaga PAUD
Tujuan penilaian pembelajaran dalam pembelajaran coding adalah untuk mengetahui
a. capaian tumbuh kembang anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran coding.
b. keberhasilan kegiatan pembelajaran coding sebagai dasar untuk menyusun perencanaan program kegiatan pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.
c. keberhasilan anak mencapai kompetensi yang telah ditentukan dalam rencana pembelajaran.

Selengkapnya: Modul 4 Coding