Pengintegrasian Pembelajaran Coding (Modul 2)

Pengembangan tema pembelajaran coding dapat dilakukan melalui pengembangan tema seperti yang biasa dilakukan. Pemilihan dan pengembangan tema dapat menjadi langkah awal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pendidik AUD dalam melaksanakan pembelajaran coding.

Tema pembelajaran coding berbentuk segala situasi, benda, peristiwa, dan pengalaman yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari di rumah, baik sebagai anak atau sebagai peserta didik dalam berinteraksi dengan guru dan teman-teman di sekolah, maupun dalam berbagai situasi lainnya dengan menempatkan peserta didik sebagai AUD.

Tema atau topik yang berkaitan dengan diri sendiri dapat digunakan untuk pembelajaran coding di PAUD. Contoh tema “Aku Anak Indonesia” dapat dikembangkan menjadi beberapa subtema yang kemudian masih dapat dikembangkan lagi menjadi sub-subtema materinya. Perhatikan Gambar di bawah yang merupakan langkah atau urutan penyusunan tema dalam pembelajaran coding.

Pengembangan tema dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. Media dan kegiatan main dalam pembelajaran coding dapat digunakan untuk semua tema yang ada di satuan PAUD. Setelah Bapak dan Ibu memilih dan mengembangkan tema- tema besar tersebut, sebaiknya langsung dibuat jaringan tema yang memuat pengembangan konsep dari tema tersebut. Caranya dengan menggali informasi dari berbagai referensi yang berkaitan dengan tema dan subtema tersebut. Berdasarkan informasi dengan lingkup materi tentang tema itu, kegiatan bermain dapat dikembangkan.

Selengkapnya: Pengintegrasian Pembelajaran Coding (Modul 2)