Tokoh Pemikir Karakter Bangsa

Judul       : Tokoh Pemikir Karakter Bangsa

Penulis    : Rhoma Dwi Aria yuliantri, Jajat Burhanudin, Dirga Fawakih,

Setyadi Sulaiman, M. Nursam

Penerbit  : Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

ISBN        : 978-602-1289-23-5

Sinopsis :

Negara Kesatuan, UUD 1945 dan Pancasila memang tidak lagi diperdebatkan tetapi muncul masalah lain tidak bisa terhindarkan. Seperti apakah corak dan wujud “karakter bangsa” yang sesuai ketika usaha mengayuh biduk kehidupan bangsa mencapai pantai harapan sedang diayunkan? Apakah mungkin didapatkan “karakter bangsa” yang ideal setelah selama empat puluh tahun mengalami turun naiknya suasana otoritarianisme, meskipun sang penguasa tetap mengibarkan bendera demokrasi?

Dalam membahas masalah “karakter bangsa” buku ini memuat tulisan-tulisan yang bertolak dari hasrat untuk membawa bangsa ke pantai harapan yang dicita-citakan. Dalam usaha membuat “skenario” masa depan ini para pemikir bertolak dari pengalaman langsung ataupun dari pemakaian disiplin ilmiah tertentu. Bukanlah ketepatan pengamatan akan realitas sosial-kultural dan politik yang menjadi ukuran tetapi hasrat ideal untuk membawa bangsa ke pantai harapan yang diidamkan.

Sebagai buku yang berkisah tentang dinamika dan bahkan juga gejolak dari arus pemikiran anak bangsa buku ini mangambil empat masalah yang strategis dalam usaha merumuskan dan memperjuangkan corak “karakter bangsa” yang ideal. Masalah itu ialah “demokrasi”, “Kebudayaan”, “pendidikan”, serta “pembangunan dan kesejahteraan sosial”. Setiap masalah “dijawab’ oleh tiga orang pemikir, yang praktis mewakili latar belakang pendidikan bahkan pengalaman kultural yang boleh dikatakan berbeda-beda.

Buku ini bukan saja mengingatkan pada kearifan yang diwarisi para pemikir bangsa tetapi juga sebagai pengantar ketika pahit getir pengalaman bangsa dalam mengayuh sampan menuju pantai yang dicita-citakan ingin direnungkan.