Wahidin Soedirohoesodo, Sang Dokter Bangsa

Pelopor Kebangsaan dari Yogyakarta

Apakah kalian pernah berkunjung ke Yogyakarta atau apakah kalian justru berasal dari daerah itu? Kalian mungkin sudah tahu bahwa kota itu sering disebut sebagai kota pendidikan, kota seni dan budaya, serta kota yang bersejarah. Nah, kali ini kita akan mengenal salah satu tokoh penting dalam sejarah bangsa Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Dia adalah Dokter Wahidin Soedirohoesodo.
Dokter Wahidin Soedirohoesodo terkenal sebagai pelopor semangat kebangsaan kita. Dia adalah tokoh yang mengilhami lahirnya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Hari lahir organisasi Budi Utomo itu kemudian kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.
Meskipun Dokter Wahidin bukanlah termasuk pendiri Budi Utomo, peranannya sangatlah penting. Selama beberapa tahun sebelum kelahiran organisasi itu, Dokter Wahidin sudah merintis jalan untuk kelahiran organisasi tersebut. Dengan gigih dia berkeliling Pulau Jawa menyebarluaskan gagasan untuk memajukan pendidikan. Gagasannya itu sangatlah berharga bagi bangsa Indonesia, terutama karena pada waktu itu kita masih terjajah. Pikiran-pikirannya tentang pendidikan bagaikan pelita di tengah kegelapan. Memang, tanpa pendidikan yang maju, mustahil kita menjadi bangsa yang merdeka.
Nah, jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang siapa dan bagaimana perjuangan Dokter Wahidin Soedirohoesodo, kegigihan dan kecerdikannya menghadapi rintangan, keseruannya berkeliling Pulau Jawa, serta pertemuannya yang menggembirakan dengan para calon pendiri Budi Utomo, bacalah halaman selanjutnya.

Selengkapnya: Wahidin Sudirohoesodo